SUGENG RAWUH :
Home » , » Keindahan Dari Balik " Kebon " Menyapa Dunia

Keindahan Dari Balik " Kebon " Menyapa Dunia

Oleh : Juru Tulis pada Selasa, 27 Oktober 2015 | 10:08 AM

Kebangkitan Gua Kebon : Wisata edukasi yang indah di Kulon Progo (Part II)

Setelah tidur panjang sebagaimana air yang mengalir diatas sungai gua Kebon selama ini akhirnya pada tanggal 8 Oktober 2015, pemerintah desa Krembangan beserta kelompok sadar wisata meresmikan Gua kebon sebagai Wisata Edukasi Anak.  Acara ini desertai dengan pagelaran Kesenian dan Lomba Memancing yang dihadiri oleh masyarakat Krembangan khususnya dan juga pengunjung lain dari Kulon Progo dan sekitarnya, juga diramaikan oleh anak - anak Sekolah Dasar sekecamatan Panjatan.

Kejadian ini menjawab pertanyaan kita selama ini bahwa Potensi yang sebenarnya terkandung pada Wisata Gua Kebon sangat besar jika mau dikelola dengan benar dan serius.

Gua Kebon - Krembangan, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta

Selain goa dan air terjun yang merupakan daerah aliran sungai, lahan-lahan di sekitarnya merupakan hak milik warga setempat. Demi kepentingan pengembangan kawasan itu, panitia melakukan berbagai pertemuan dengan para pemilik lahan, dengan total kawasan pengembangan lebih kurang lima hektare, untuk saling berembuk.

"Kelak akan ada MoU dengan semua pihak terkait pengelolaannya. Yang jelas sekarang kami mencari dukungan dan bantuan dari camat dan pemerintah untuk mengoptimalkan wisata edukasi di Goa Kebon,” (Pokdarwis)

Camat Panjatan, Sudarmanto, menegaskan ide dasar pengembangan Goa Kebon memang menjadi wisata edukasi anak. Menurutnya, proses alami goa tersebut bisa menjadi benang merah bahwa kawasan itu layak menjadi kawasan wisata edukasi. Selain itu, materi pembelajaran lain di kawasan itu bakal ditambah dengan adanya arena pendidikan untuk Paud, TK dan SD.

“Ini soal bagaimana mendesign wisata untuk belajar. Misal nanti bisa dibuat kebun tanaman herbal, kan sekaligus bisa untuk media pelajaran biologi. Kondisi berbukit juga akan dikembangkan untuk outbond, bumi perkemahan, tujuan haking dan sebagainya,” katanya.

Gua Kebon - Desa Krembangan, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta

Selain akan menjadi satu-satunya wisata edukasi di Kulonprogo, Goa Kebon juga diproyeksikan bakal meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sejauh ini, kecamatan telah menjalin kerjasama dengan dinas perikanan untuk membuat embung di kawasan itu. Pasalnya, ketika musim hujan air di sekitar Goa Kebon melimpah dan berlebih.

Harapan kita bahwa fokus pengembangan Wisata ini akan berpengaruh pula terhadap kawasan sekitarnya sehingga lingkungan yang ada akan tertata rapi, indah dan aliran sungai yang membawa air dari hulu juga bisa dibersihkan dan ditata kembali.  Sehingga manfaat sungai yang ada bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar, baik untuk pengairan kebun - kebun yang dilewati maupun bisa dikembangkan kantong - kantong ternak perikanan.  Yang jelas moment ini semoga bukan hanya hangat dan panas didepan saja, dengan dukungan berbagai pihak semoga akan benar - benar memberikan manfaat bagi masyarakat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

JALUR KULON PROGO

KIRIM TULISAN ...........


SUGENG RAWUH....
KIRIM KRITIK, SARAN, MASUKAN
ATAU TULISAN ARTIKEL ANDA KE KAMI.
(Artikel anda akan dipublish diblog ini)




 
Support : Hubungi Kami | Kebijakan | Tentang Kami
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Krembangan Online | Desa Krembangan Panjatan Kulon Progo Yogyakarta - All Rights Reserved
Design Inspiring by Creating Website | Modifikasi dan dipersembahkan oleh JH-DsX