SUGENG RAWUH :
Home » » Mengungkap Sosok Tumenggung Sasradigdaya di Makam Nosari, Desa Krembangan (2/2)

Mengungkap Sosok Tumenggung Sasradigdaya di Makam Nosari, Desa Krembangan (2/2)

Oleh : Juru Tulis pada Minggu, 13 Mei 2012 | 11:16 PM

13327551781224613254

Nisan Sasradigdaya (foto : edygune)(bagian kedua dari dua tulisan)

13327552781853634145

bekas kotak (foto : edygune)


Makam Tumenggung Sasradigdaya nampak sudah lama tak pernah diziarahi, seperti kebanyakan makam-makam anonim di Pemakaman Nosari. Tak ada bunga mengering di atas nisan yang ditabur bulan Ruwah (=Sya’ban) lalu. Juga tak ada sisa pembakaran sabut kelapa yang biasa digunakan warga untuk membakar kemenyan saat ziarah. Maklum saja, warga sekitar memperlakukan makam ini sama seperti yang lain, tidak dikeramatkan. Begitulah seharusnya. Saat-saat makam ini mulai jarang diziarahi, seorang anggota keluarga nampaknya memiliki inisiatif untuk menjalin komunikasi dengan peziarah lain. Sebuah papan persegi yang mungkin pintu sebuah kotak kecil masih tersisa, meminta peziarah untuk mengisi buku tamu dan menuliskan alamat. Saat itu mungkin belum jamannya menuliskan nomor telepon, apalagi nomor HP, alamat email maupun akun facebook dan twitter.

Kembali ke masalah deretan tulisan berhuruf arab yang saya muat gambarnya di bagian pertama tulisan ini. Kedua papan batu tersebut rupanya isinya relatif sama, hanya bahasa yang digunakan berbeda. Papan yang sudah pecah menggunakan bahasa arab dan papan yang utuh menggunakan bahasa jawa dan redaksinya juga sedikit berbeda. Transliterasi papan yang sudah pecah yaitu :

Raden Tumenggung Sasradigdaya Bupati Wedana ing Adikarta wulida fiy yaumil jum’ah fi hilali itsna wa ‘asyara fiy syahri rajab fi sanah jim awal wa fiy hijrin nabiy 1251 wafatahu fiy yaumi arba’ fi hilali ahadi ‘asyara fi syahri dzil qa’dah fi sanah dal wa fi hijrin nabi sanah 1310.
(Raden Tumenggung Sasradigdaya Bupati Wedana ing Adikarta dilahirkan di hari jumat tanggal dua belas rajab tahun jim awal 1251 H wafatnya hari rabu tanggal sebelas dzulqa’dah tahun dal 1310 H)

Sedangkan papan kedua dengan arab pegon berbunyi :

Raden Tumenggung Sasradigdaya Bupati Wedana Distrik ing Adikarta wektu seda amarengi ing dinten rebo legi tanggal ping 11 wulan dzul qa’dah tahun dal hijri nabi 1310 wiyosanipun ing dinten jumat kliwon tanggal ping 6 wulan rejeb tahun jim awal tahun hijri nabi 1251 yuswa 59
(Raden Tumenggung Sasradigdaya Bupati Wedana Distrik ing Adikarta meninggal bertepatan hari rabu legi tanggal 11 bulan dzulqa’dah tahun dal 1310H lahirnya hari jumat kliwon tanggal 6 rajab tahun jim awal 1251H umur 59)
Jadi informasi tambahan dari kedua papan batu tadi adalah tanggal lahir dan meninggal serta umurnya. Tanggal kematian 11 dzulqa’dah 1310H bisa dibandingkan dengan data dari hasil pencarian di Googel pada tulisan bagian pertama , yaitu 16 Mei 1894. Situs Ki Demang dapat mengeceknya dan hasilnya :

13327532911136852953


Cocok seluruhnya! Tumenggung Sasradigdaya yang disebut di Serat Dasanama saha Pepali dalam Katalog Naskah-naskah Perpustakaan Pura Pakualaman memang yang makamnya kita bahas saat ini.

Jabatan “Bupati Pulisi” yang disandang oleh Sasradigdaya (hingga meninggal) sampai saat ini masih belum bisa saya pahami. Apakah jabatan tersebut untuk saat ini setingkat dengan bupati (kepala daerah kabupaten) atau kapolres (kepala polisi tingkat kabupaten). Sebagai kerajaan kecil, Pakualaman hanya memiliki wilayah di sekeliling Pura Pakualaman (sekarang Kecamanatan Pakualaman Kota Yogyakarta) dan 1 kabupaten di wilayah yang terpisah yaitu Adikarta (sekarang bagian selatan/dataran rendah Kabupaten Kulon Progo, DI. Yogyakarta). Javaansche Almanak tahun 1891 (oleh Tan Ciyuk San, Cetakan H. Buning) yang menyebutkan keadaan pemerintahan di Jawa dan Madura tahun tersebut menyebutkan tentang Pakualaman :

— 209 —
Para priyantun ingkang sami nyêpêng paprintahan ing bawah kadipatèn Pakualaman

Pêpatih, Rahadèn Mas Riya Jayèngarja, kaptin phanstaph. Wadana pulisi ngiras liding pangadilan, Rahadèn Panji Sasraminarsa. Wadana jurusêrat, ngiras liding pangadilan, Radèn Panji Natarêja. Juru sêrat ing kapatihan, 1. Radèn Bêkêl Jayèngpranata, 2. Radèn Bêkêl Pôncaatmaja, 3. Radèn Bêkêl Martaprawira, ngrangkêp dados mantri cacar.

Pangadilan surambi

Pangulu, Mas Khaji Muhkhamad Asrap. Katip, 1. Lurah Khaji Jenal Ngasikin, 2. Lurah Khaji Jenal Sapingi, 3. Lurah Khaji Jenal Ngabidin. Juru sêrat, Khasan Mugêni.

— 210 —

Pangadilan pradata

Jaksa Agêng, Mas Ngabèi Rêksapradata. Ajung Jaksa Agêng, Mas Ngabèi Sastrataruna. Juru Sêrat, Radèn Ngabèi Rêksasupatra.

Pulisi salêbêting nagari

Wadana, Rahadèn Panji Sasraminarsa. Panèwu, Mas Ngabèi Jayèngwigati. Juru Serat Mas Ngabèi Wirapustaka. Pulisi Kampung, 1. Radèn Panji Natarêja, 2. Bagus Bêkêl Ranapuspita, 3. Mas Ngabèi Padmasêkarna, 4. Mas Suralambang, 5. Radèn Ngabèi Tirtasêntana, 6. Radèn Ngabèi Jayèngwilaya, 7. Mas Ngabèi Jayèngsudarma.

— 211 —

Pulisi sajawining nagari

kabupatèn adikarta

Bupati, Rahadèn Tumênggung Sasradigdaya. Panèwu, taksih lowong. Mantri Jaksa, Mas Ngabèi Jayasantosa. Ajung Jaksa, Mas Ngabèi Jayadigda. Mantri Carik, Mas Ngabèi Sastrasuwarna. Lurah Naib, 1. Kyai Muhkhamad Sihab, 2. Kyai Mukham[51] Istat. Pulisi bonong Kranggan, taksih lowong. Pulisi Brosot, Radèn Ngabèi Padmawêrdaya. Mantri ukur, Mas Ngabèi Tamadiwirya. Mantri cacar, Mas Ngabèi Citrasênjaya,

Dhêstrik ing Galur

Kapala dhêstrik, Mas Panji Wôngsadirja. Wakil carik, Mas Ngabèi Sumadiwirya.

Para Dêmang Pulisi ing: Modinan, Mas Dêmang Tamadiwirya. Pancatan, Mas Dêmang Wiryalêksana. Bangmalang, Mas Dêmang Sadimêja.

— 212 —

Para dêma[52] pulisi ing: Dhalèn, Mas Dêmang Jayasurata. Barahan, Mas Dêmang Rêksaatmaja. Dhondhong Sidakan, Mas Dêmang Jayènglêksana. Bara, Mas Dêmang Sôntadiwirya. Saragatèn, Radèn Dêmang Cakrarêja.

Dhêstrik ing Glaèng

Kapala dhêstrik, Mas Ngabèi Kartadipura. Carik, Mas Ngabèi Kartawijaya. Para dêmang pulisi ing: Dhukuh Lanang, Mas Dêmang Sutawirya. Plumbon, Mas Dêmang Sutadiwirya. Karangpuluh, Mas Dêmang Wôngsadiwirya. Dharat, Mas Dêmang Nitirêja. Dêmèn, Mas Dêmang Wôngsasêntana.

Kadhêstrikan ing Sogan, kagolong dhatêng ing Glaèng

Kapala dhêstrik, taksih lowong. Wakil carik, Mas Ngabèi Jayakartika.

— 213 —

Para dêmang pulisi ing: Sogan, Mas Dêmang Wanadirya. Tambak, Mas Dêmang Satirta. Watês, Radèn Dêmang Pôncawinata. Seporan, Mas Dêmang Sewarêja. Kulwaru, Mas Dêmang Tirtaprawira.

Kadhêstrikan ing Gêsikan, kagolong dhatêng ing Glaèng

Kapala dhêstrik, taksih lowong. Ondêr kapala dhêstrik, Radèn Ngabèi Cakraatmaja. Wakil carik, Mas Ngabèi Sastramardana. Para dêmang pulisi ing: Gêntan, Mas Dêmang Nitisastra. Wanadadi, Mas Dêmang Atmasubrata. Sanggrahan, Mas Dêmang Mangunlêsana. Bêndungan, Mas Dêmang Mangunkartika. Sungapan, Mas Dêmang Pôncakarsa. Sriwêdari, Radèn Dêmang Yudaprawira.

Wilayah Adikarta “seluruhnya” dipegang oleh Sasradigdaya, Bupati Polisi. Demikian pula disebutkan dalam almanak tahun 1890 dan 1892. Tahun 1895 jabatan ini kosong setelah Sasradigdaya meninggal.


Versi resmi sejarah Kabupaten Kulon Progo yang diundangkan dengan Perda No 7 Tahun 1986 menyebutkan :

Sebagai Bupati yang pertama adalah Tumenggung Sosrodigdoyo. Bupati kedua, R. Rio Wasadirdjo, mendapat perintah dari KGPAA Paku Alam V agar mengusahakan pengeringan Rawa di Karang Kemuning. Rawa-rawa yang dikeringkan itu kemudian dijadikan tanah persawahan yang Adi (Linuwih) dan Karta (Subur) atau daerah yang sangat subur. Oleh karena itu, maka Sri Paduka Paku Alam V lalu berkenan menggantikan nama Karang Kemuning menjadi Adikarta pada tahun 1877 yang beribukota di Bendungan. Kemudian pada tahun 1903 bukotanya dipindahkan ke Wates. Kabupaten Adikarta terdiri dua kawedanan (distrik) yaitu kawedanan Sogan dan kawedanan Galur. Kawedanan Sogan meliputi kapanewon (onder distrik) Wates dan Temon, sedangkan Kawedanan Galur meliputi kapanewon Brosot dan Panjatan.

Bupati di Kabupaten Adikarta sampai dengan tahun 1951 berturut-turut sebagai berikut:
Tumenggung Sosrodigdoyo
R. Rio Wasadirdjo
RT. Surotani
RMT. Djayengirawan
RMT. Notosubroto
KRMT. Suryaningrat
Mr. KRT. Brotodiningrat
KRT. Suryaningrat (Sungkono)

Sosrodigdaya (Bupati pertama Adikarta) dalam catatan sejarah versi Pemerintah Kabupaten ini secara logika bukanlah Sasradigdaya yang kita bahas dalam tulisan ini, karena Kabupaten Adikarta telah berdiri setelah perang Jawa (perang Dipanegara 1825-1830). Tahun 1837 Sasradigdaya yang kita bahas baru lahir.

Membandingkan sejarah versi Pemkab Kulon Progo dengan almanak H. Buning tahun 1891 yang keduanya saya kutip di atas memang menimbulkan pertanyaan baru : siapa Bupati Adikarta tahun 1889/1891/1892 di era Sasradigdaya ini?

~~~

Dari kedua tulisan ini, identitas KRT Sasradigdaya dapat sedikit terungkap, yaitu jabatan dan waktu hidup beliau. Sejumlah pertanyaan terkait dengan asal-usul, mengapa dimakamkan di Nosari, dimana sekarang anak keturunannya sampai sekarang belum bisa terjawab. Digitalisasi arsip-arsip klasik dan pengunggahannya ke internet serta kesaktian mbah Google dalam mencari jawaban belum mampu menyajikan sumber referensi yang tepat untuk menjawabnya.


Penulis: Edygune (pernah dimuat di forum Kompasiana, maret 2012)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

JALUR KULON PROGO

KIRIM TULISAN ...........


SUGENG RAWUH....
KIRIM KRITIK, SARAN, MASUKAN
ATAU TULISAN ARTIKEL ANDA KE KAMI.
(Artikel anda akan dipublish diblog ini)




 
Support : Hubungi Kami | Kebijakan | Tentang Kami
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Krembangan Online | Desa Krembangan Panjatan Kulon Progo Yogyakarta - All Rights Reserved
Design Inspiring by Creating Website | Modifikasi dan dipersembahkan oleh JH-DsX